Jumat, 03 Juni 2011

Taukah anda sejarah World Wide Web ( WWW ) ?

WorldWideWeb atau ada sebagian orang yang mengatakan ‘Web’ adalah browser web pertama didunia. Ia diperkenalkan pada 26 Februari 1991 oleh Tim Berners-Lee dan berjalan pada Platform NexXTSTEP WorldWideWeb adalah program pertama yang bukan saja menggunakan FTP (File Transfer Protokol) yang dikembangkan Tim Berners-Lee pada 1989. Web dapat menampilkan file HTML tanpa gambar yang tersimpan.

Penemuan Tim Berners-Lee atas web diawali ketika ia bekerja di CERN, Laboratorium fisika partikel milik Eropa sebagai perekayasa piranti perangkat lunak (Software Engineer) ditahun 1980. Dikota Geneva dekat perbatasan Prancis dan Swiss. Dibulan Maret 1989 Berners-Lee ingin membuat suatu software yang dapat menghubungkan data-data dan informasi yang ia miliki dan para peneliti lainya agar lebih efisien. Berners-Lee kemudian menanamkan software tersebut Enquire, kependekan dari Enquire Within Upon Everyting, judul ensiklopedia yang dia ingat pada masa kecilnya. Software ini kemudian dikembangkannya diluar CERN, sehingga akhirnya berkembang pesat secepat perkembangan jaringan internet itu sendiri.
Tim Berners-Lee adalah penemu Worl Wide Web pada tahun 1989. Tim Berners-Lee merupakan sarjana Lulusan Oxford University diinggris. Ketika Kuliah diOxford, dia sudah bisa merakit komputer sendiri dari barang-barang elektronik bekas TV. Ia menjadi dewan pendiri 3Com pada Laboratory Computer science, MIT. Setelah lulus dari oxford pada tahun 1976, Tim Berners-Lee bekerja pada Telecomunication Ltd. Pada bidang sistem transakasi tersebar, message relay dan teknologi barcode. Pada tahun 1978, Tim Berners-Lee bergabung dengan D.G Nash Ltd. Dimana ia membuat software untuk printer cerdas dan Multitasking Operating system. Selain itu Tim Berners-Lee juga membuat program browser pertama dan server WWW pertama didunia. Saat ini, browser yang sering digunakan adalah internet explorer, Nestcape dan Mozila. Berners-Lee juga menulis piranti lunak yang mendefinisikan hyper text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper text Transfer Protocol (HTTP). Kesemua aplikasi ciptaannya tersebut saat ini dipergunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs dan prtokol bagaimana situs-situs dapat ditemukan diinternet dan berkomunikasi satu sama lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar