Rabu, 01 Juni 2011

.:Cydia:.


 












Karena skrg udah smua ipad bisa dijailbreak, mari kita bermain2 dengan CYDIA.

- Apakah itu cydia?
Cydia itu adalah "toko" alternatif dari idevice selain AppStore di dalam idevice. Cydia dimanage oleh Saurik dan berbentuk server untuk menyimpan berbagai alamat repo. Repo adalah alamat toko2 online untuk program yang tidak disigned oleh Apple. Dari setiap repo ini, akan didapatkan berbagai list app yang jauh berbeda dari App store.

- Saya pernah dengar tentang Rock, apakah itu Rock?
Rock adalah alternatif dari cydia. Dahulu kedua server hosting ini saling bersaing dan mengeluarkan app yang berbeda satu sama lain. Namun belakangan ini, Rock sudah dibeli oleh Saurik, sehingga seluruh app yang ada di kedua hosting ini akan digabung dan dimanage di dalam Cydia.

- Apakah keuntungan dengan memiliki Cydia?
Cydia memiliki berbagai app yang tidak di'setujui' oleh Apple. Alasan tidak disetujui ini bermacam2. Ada yg abuse terhadap software / hardware, ada repetisi dari stock app idevice, ada juga app yang tidak dianggap berguna oleh Apple. Semua app ini biasanya ada di Cydia.

- Jenis App apa saja yang ada di Cydia?
App yang ada di Cydia dibagi ke dalam 2 kategori besar (ini kesimpulan g pribadi). App yang berupa program dan App yang berupa add on terhadap firmware. 
App yang berupa program misalnya alternatif music player, video player, games, aplikasi etc...
App yang berupa add on, biasanya otomatis berjalan di background dengan sistem berjalan. Misalnya app untuk multitasking, app untuk pengaturan icon, unlimited icon, unlimited page, kontrol device dengan bluetooth mouse.

- Kontroversi terhadap black repo...
Apakah itu jailbreak? banyak orang yang salah kaprah berpandangan mengenai jailbreak. Jailbreak disamakan dengan bajak membajak aplikasi. Ini suatu kesalahan besar. Tujuan awal dari jailbreak itu membuat alat yang sudah kita beli bisa diinstall dengan aplikasi apapun yang kita inginkan, dapat dicustomized sesuai yang kita inginkan, tanpa batasan dari penjual (Apple). 
Sebagai contoh, windows adalah OS yang open environment, kita dapat menginstall segala aplikasi yang kita inginkan, modifikasi , tanpa harus membeli di online store windows. Closed environment seperti iOS membuat kita harus membeli smua aplikasi di appstore. Jika program / modifikasi tertentu tidak tersedia di appstore, pembeli hanya dapat gigit jari.
Namun, seiring perkembangan cydia dengan berbagai reponya, terdapat black repo yang memuat berbagai aplikasi bajakan. Repo2 ini, mengambil program resmi lalu dikrack dan dipost di berbagai black repo. 
Karena berbagai repo muncul dan tidak dapat dikendalikan cydia, oleh karena itu jailbreak sering disamakan dengan bajakan. Dan karena itu diperangi oleh Apple.

- Apa saja yang dapat saya lakukan dengan Cydia?
Cydia dapat menyimpan file shsh (kode unik dari setiap device), menambah alamat repo, menginstall app yg tidak diendorse apple.

- Oke, saya tiba2 kehilangan cydia di idevice saya? Apakah ini seperti kiamat?
tidak juga, kebanyakan kehilangan app cydia dapat dikembalikan dengan mengulangi proses jailbreak. Namun untuk kasus tertentu seperti password app lock, jika tidak memiliki kemampuan untuk SSH ke device, kita harus merestore device dan mengulangi proses jailbreak.

- Saya ingin membeli aplikasi dari Cydia. Namun tidak tahu harus memulai dari mana...
Cydia menggunakan 2 cara untuk identifikasi pembeli. Dengan acc facebook atau account email. Silahkan pilih aplikasi yang diinginkan, lalu pilih purchase. Nanti cydia akan menredirect untuk pendaftaran app yang akan dibeli. One time purchase, seandainya applikasi terhapus, dapat didownload kembali secara gratis dengan account yang sama.

- Kenapa applikasi ini tidak jalan di Ipad saya? Dan mengapa applikasi ini muncul hanya sebesar layar iphone?
Cek compatibility list nya dulu.
Untuk memperbesar tampilan dapat menekan tombol 2X di kanan bawah layar ipad. Ada program cydia namanya full force. Ini dapat memperbesar secara default tampilan app. Namun banyak app yang tidak dapat berfungsi dengan baik jika digunakan dengan full force. Saran terbaik adalah membiasakan diri anda dengan 2x atau tampilan kecil.

- Saat akan mendownload app, tiba2 muncul tulisan dependencies.... Apakah ini?
Applikasi tertentu dapat saja tidak bisa diinstall karena berbagai alasan. Bisa karena OS yg tidak mencukupi (>=OS4), bisa juga conflict dengan app lain yang sudah diinstall. Perhatikan saja alasan dependencies itu.

- Saya tertarik dengan customized iPad. Applikasi apa saja yang sering digunakan?
List Customized App yang umum digunakan

- Saya tertarik dengan app diatas, namun setelah dicari tidak muncul di list cydia saya. Apa yg terjadi?
Ada beberapa aplikasi tertentu yang terdapat di repo tertentu. Tambahkan list repo dari : manage (icon bawah) - sources - edit - add - masukan alamat repo (HARUS benar alamatnya, tidak boleh salah satu karakter pun termasuk HTTP) - add sources

- OMG, saya salah memasukkan repo dan sekarang setiap kali Cydia refresh muncul 'repo couldn't be found blah blah blah...'
Ini terjadi karena Cydia tidak dapat menemukan alamat repo yang dituju. Cara memperbaiki hal ini dengan mendownload Cyfix. Setelah diinstall, gunakan app mobile terminal, ketik su, ketik cyfix, masukan alamat repo yg bermasalah, keluar mobil terminal, reboot ipad. Berdoalah semoga Cydia tidak mencari alamat repo itu. Alternatif mudahnya gunakan Cyfix GUI, tapi di iPad g ga bisa dgn app ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar